Kamis, 08 Juni 2017

Enam faktor utama penyebab dis-integrasi bangsa

Berdasarkan kajian yang dlakukan terhadap berbagai kasus disintegrasi bangsa dan bubarnya sebuah negara, dapat disimpulkan adanya enam faktor utama yang secara gradual bisa menjadi menyebab utama proses itu, yaitu:
1.      Kegagalan kepemimpinan
Integrasi bangsa adalah landasan bagi tegaknya sebuah negara modern. Keutuhan wilayah negara amat ditentukan oleh kemampuan para pemimpin dan masyarakat warga negara memelihara komitmen kebersamaan sebagai suatu bangsa.
2.      Krisis ekonomi yang akut dan berlangsung lama
Krisis disektor ini selalu merupakan signifikan dalam mengawali lahirnya krisis yang lain.
3.      Krisis politik
Krisis politik merupakan perpecahan elit ditingkat nasional, sehingga menyulitkan lahirnya kebijakan utuh untuk mengatasi krisis ekonomi. Krisis politik juga dapat dilihat dari absennya kepemimpinan politik yang mampu membangun solidaritas sosial untuk secara solid menghadapi krisis ekonomi.
4.      Krisis sosial
Krisis sosila dimulai dari adanya disharmoni dan bermuara pada meletusnya konflik kekerasan diantara kelompk-kelompok masyarakat (suku, ras, agama dll).
5.      Demoralisasi tentara dan polisi
Demoralisasi tentara dan polisi dalam bentuk pupusnya keyakinan mereka atas makna pelaksanaan tugas dan tanggung jawab sebagai bhayangkari negara.
6.      Intervensi asing
Intervensi asing yang bertujuan memecah-belah, seraya mengambl keuntungan dari perpecahan itu melalui dominasi pengaruhnya terhadap kebijakan politik dan ekonomi negara-negara baru pasca disintegrasi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar