Kamis, 08 Juni 2017

POLITIK DAN TUJUAN PKN

1.      Zamroni (2001) mengemukakan bahwa pendidikan kewarganegaraan adalah pendidikan demokrasi yang bertujuan untuk mempersiapkan warga masyarakat berfikir kritis dan bertindak demokratis, melalui aktivitas menanamkan kesadaran kepada generasi baru bahwa demokrasi adalah bentuk kehidupan masyarakat yang yang paling menjamin hak-hak warga masyarakat.
2.      Merphin Panjaitan (dalam Tim ICCE UIN Jakarta, 2003) mengemukakan bahwa pendidikan kewarganegaraan adalah  pendidikan demokrasi yang bertujuan untuk mendidik generasi muda menjadi warga negara yang secara demokratis dan partisipatif melalui suatu pendidikan yang dialogial.
3.      Soedijarto (dalam Tim ICCE UIN Jakarta, 2003) mengemukakan bahwa pendidikan kewarganegaraan adalah pendidikan politik yang bertujuan untuk membantu peserta didik menjadi wraga negara yang secara politik dewasa dan ikut serta membangun sistem politik yang demokratis.
4.      Tim ICCE UIN Jakarta (2003) mengemukakan bahwa pendidikan kewarganegaraan adalah suatu proses yang dilakukan oleh lembaga pendidik, di mana seseorang mempelajari orientasi, sikap, dan prilaku politik sehingga yang bersangkutan  memiliki political knowledge, awarenesst, attitude, political efficacy, dan political prticipation serta kemampuan mengambil keputusan politik secara rasional dan menguntungkan bagi dirinya, masyarakat dan bangsa.
            Analisis dalam menemukan substansi atau unsur-unsur penting yang melekat di dalam pengertian yang ada di atas, yaitu;
Ø  Pendidikan demokrasi
Ø  Pendidikan demokrasi
Ø  Pendidikan politik
Ø  Orientasi, sikap dan prilaku politik
             Berdasarkan substansi atau unsur-unsur di atas, maka saya dapat mengemukakan pengertian dari pendidikan kewarganegaraan. Yang di mana pendidikan kewarganegaraan adalah pendidikan demokrasi dan politik yang bertujuan untuk mendidik generasi muda dalam berorientasi,bersikap, dan berprilaku agar menjadi warga negara yang baik dan bertanggung jawab.
Hal-hal yang dilakukan berkenaan dengan tujuan PKN;
No.
Tujuan PKn
Hal” yang dilakukan berkenaan dengan tujuan pkn
Telah
Sedang
Akan
1.
Membentuk kecakapan partisifatif yang bermutu dan bertanggung jawab dalam kehidupan politik dan masyarakat, baik di tingkat lokal, nasinal, regional dan global.
Mengeikuti pemilu presiden RI periode 2014/2019 pada tanggal 9 Juli 2014 yang bertempat di TPS 13 Desa Jenggik, Kec. Terara, Kab. Lombok Timur, Provensi Nusa Tenggara Barat.
Mengikuti kuliah Pendidikan Kewarganegaraan pada hari kamis pukul 09;00 di gedung E3 yang dosen pembimbingnya Bapak Drs.H.Masyhuri,M.Si.
Mengikuti pemilu presiden RI pada pemilihan selanjutnya pada periode 2019/2024.
2.
Menjadikan masyarakat yang baik dan mampu menjaga persatuan dan integritas bangsa
Menghargai kepercayaan orang lain yang diluar agama islam.
Menjalin silaturahmi yang baik kepada keluarga,teman, dan warga masyarakat.
Berusaha menjaga prilaku yang dapat memecah belahkan  persatuan dan integritas bangsa Indonesia, seperti menjaga sikap etnosentrisme.
3.
Menghasilkan mahasiswa yang berfikir komprehensif, analitis, kritis, dan bertindak demokratis.
Sebelum melakukan suatu tindakan saya mencoba berpikir dahulu apa untungnya dari  tindakan yang saya lakukan itu.
Berpikir positif terhadap seseoarang.
Selalu tetap berpikir dahulu sebelum bertindak.
4.
Mengembangkan kultur demokratis
Ikut andil dalam menyelesaikan tugas kelompok bersama teman.
Membangun kebersamaan bersama teman kampus khususnya prodi ppkn reg. pagi semester 4.
Tetap membangun kebersamaan bersama teman-teman meskipun latar belakang kami berbeda.
5.
Membentuk manusia menjadi good and responsible citizen (warga negara yang baik dan bertanggung jawab)
Mengerjakan tugas-tugas yang di berikan sama dosen yang bersangkutan dengan mata kuliah yang di ambil.
Masuk kuliah tepat waktu.
Berusaha untuk selalu berprilaku jujur dan disiplin.

          Penilaian terhadap kehadiran mata kuliah pkn bagi mahasiswa telah mencerminkan fungsi yang diemban oleh pkn

          Penilaian saya di sini terhadap hal yang ada di atas yaitu dari ketiga fungsi yang ada tersebut menurut saya sangat-sangat baik. Yang di mana fungsi dari pkn tersebut sudah mengena terhadap mahasiswa, yang di mana fungsi yang pertama adalah mencerdaskan warga negara. Sebagai warga negara, kita khususnya sebagai mahasiswa  di tuntut untuk menjadi manusia yang cerdas, cerdas secara rasional atau akal pikiran dan cerdas spiritual. Dari fungsi pertama yang diemban oleh pkn tersebut menurut saya sangat bagus karena tujuan dari fungsi tersebut ingin mencerdaskan masyarakat Indonesia khususnya mahasiswa. Fungsi yang kedua membina tanggung jawab warga negara yang di mana kita khususnya sebagai mahasiswa selaku warga negara Indonesia  yang baik, kita di tuntut untuk menjadi warga negara yang bertanggung jawab seperti melaksanakan kewajiban kita sebagai warga negara contohnya taat pada atauran negara dan sebagainya.  Dan fungsi yang ketiga ini mendorong partisipasi warga negara. Kita selaku mahasiswa dan warga negara Indonesia wajib ikut serta mengambil bagian untuk membangun negara kita ini agar negara yang kita cintai ini menjadi negara yang sejahtera.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar